Cukup 1 x 24 Jam! Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Uang Kembali

Sekarang ini jaman sudah sangat maju. Apalagi dengan adanya Android kita akan dimanjakan dengan berbagai aplikasi yang mudah digunakan. Tak ketinggalan pula aplikasi jual beli online yang akan bisa memudahkan kita dalam urusan belanja. Kapanpun dan dimanapun bisa dilakukan tanpa menyita banyak waktu. Banyak pula penjual yang lebih memilih menggunakan jasa online shoop sebagai lapak untuk mempromosikan dagangannya.

Banyak sekali aplikasi jual beli online yang bisa kita akses menggunakan ponsel. Dan tentunya banyak pula penawaran yang diberikan dari produk jenis apapun. Terutama Shopee yang mampu memberikan layanan yang nyaman selama 24 jam.
Cara membatalkan pesanan di shopee

Belanja via Shopee memang sangat menyenangkan. Apalagi bagi kalian yang malas untuk keluar rumah karena cuaca yang tidak mendukung atau karena pekerjaan yang menumpuk sehingga nggak ada waktu untuk sekedar berbelanja. Dengan begitu kita bisa belanja dengan lancar tanpa meninggalkan rutinitas.

Akan tetapi setelah kita berbelanja dan telah melakukan pembayaran kita seakan kurang cocok dengan produk yang telah kita beli dan menemukan produk lain yang lebih bagus. Maka otomatis kita akan memilih yang lebih bagus kan. Tapi jika kita harus beli lagi tentunya akan lebih banyak dana yang kita keluarkan. Sedangkan uang yang kita miliki tidaklah cukup jika dibuat untuk membelinya lagi.

Dan jalan satu satunya hanyalah melakukan pembatalan dan beralih dari pesanan sebelumnya. Tapi yang akan jadi pertanyaan adalah: Apakah bisa melakukan pembatalan sedangkan kita sudah melakukan pembayaran?

Cara membatalkan pesanan di Shopee

Untuk itu disini saya akan memberikan beberapa penjelasan mengenai pembatalan pesanan Shopee. Yang mungkin bisa membantu kalian jika mengalami hal semacam ini.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Yang Sudah di Transfer


Bagaimana cara membatalkan pesanan di Shopee dan apakah uang kembali jika membatalkan pesanan di Shopee? Berikut langkahnya:

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Kemudian cek pesanan Shopee melalui menu saya.
  • Selanjutnya pilih Batalkan Pesanan
  • Pilih alasan yang jelas untuk pembatalan pesanan Shopee.
  • Kemudian klik konfirmasi.
  • Jika sudah maka tunggu respon dari penjual selama 1 x 24 jam.

Kalau pembatalan pesanan Shopee berhasil maka transaksi tersebut akan masuk ke tab batal dan untuk uang yang telah dibayarkan akan masuk ke Shopeepay yang nantinya akan bisa anda gunakan untuk belanja lagi atau juga bisa dicairkan melalui atm.

Cara membatalkan pesanan di Shopee

Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk membatalkan pesanan antara lain:

Pembatalan pesanan Shopee yang sudah di bayar sebaiknya dilakukan jika penjual memintanya. Dan memberikan alasan karena stock barang kosong atau penjual tidak bisa memproses pesanan anda.
Batas untuk melakukan pembatalan adalah 1 jam setelah melakukan konfirmasi pembayaran Shopee. Jadi segera telepon penjual setelah melakukan pembatalan agar pengajuan anda segera di proses.
Jika penjual sudah terlanjur mengirim barang yang anda pesan maka pengajuan anda tidak dapat diproses.

Cara Membatalkan Pesanan COD

Cara membatalkan pesanan COD ada dua langkah yaitu:

Cara Membatalkan Pesanan Yang Sudah Dikemas

Untuk melakukan pembatalan pesanan yang sudah di kemas sebaiknya lakukan hal berikut:
  • Buka Aplikasi Shopee
  • Klik saya di pojok kanan bawah
  • Klik barang yang sedang dikemas
  • Pilih pesanan yang ingin dibatalkan
  • klik batalkan

Cara Membatalkan Pesanan Yang Sudah Sampai

Sedangkan bila barang sudah sampai di depan rumah metode paling mudah yang dilakukan hanyalah ngomong ke kurir bahwa anda tidak jadi beli. Kurir pun akan paham hal tersebut dan mengerti metode yang harus dilakukan, dengan alasan bahwa nggak ada orang dirumah atau pindah alamat dan sebagainya.

Tetapi ingat..! jangan sering sering melakukan hal seperti ini karena akan berpengaruh terhadap akun Shopee yang kalian miliki.

Pengembalian Dana Shopee


Pengembalian dana Shopee ini membutuhkan waktu berbeda beda tergantung dari jenis pembayaran yang telah anda lakukan.

  1. Jika menggunakan transfer bank maka pengembalian akan diproses 1x24 jam dan itu jika ShopeePay di aktivasi/ rekening bank telah diperbarui dan memenuhi syarat pengembalian dana seperti saldo dan limit bulanan cukup apa tidak.
  2. Kartu Kredit: Dana akan dikembalikan tergantung kebijakan bank antara 7 sampai 14 hari. Apabila dana belum dikembalikan bulan ini maka akan masuk pada bulan berikutnya. Jadi lebih baik konfirmasikan saja ke Bank terkait untuk informasi lebih lanjut.
  3. Debit online: Menggunakan ini kalian harus memerlukan waktu yang lebih lama yakni 60 hari  kerja. Demi kenyamanan hub bank terkait dengan menunjukkan KTP dan buku tabungan.
  4. Akulaku: Membutuhkan waktu 7 sampai 11 hari.
  5. Kredivo: Perlu waktu 7 hingga 14 hari.

Penjual Tidak Merespon Pembatalan Pesanan Shopee


Bagaimana jika penjual tidak merespon pembatalan pesanan Shopee saya dan apa yang harus saya lakukan. Hal itu yang mungkin selalu menjadi pertanyaan, karena pada dasarnya penjual juga bisa menolak pembatalan dengan ketentuan yang ada. Jadi sebelum melakukan pembatalan carilah alasan yang benar benar logis. Sesuai ketentuan dari penjual. Atau sebaiknya cari referensi terlebih dahulu dari pembeli sebelumnya.

Itulah bagaimana cara membatalkan pesanan di shopee yang bisa saya bagikan. Dan semoga bermanfaat.

Perlu tahu:

Sebaiknya periksa dulu sebelum melakukan pembayaran. Apakah barang yang ingin dibeli sudah pas dan cocok dengan kalian. Baik itu dari segi harga maupun kualitas produk yang ditawarkan. Karena beda penjual beda pula harga dan kualitas

14 Responses to "Cukup 1 x 24 Jam! Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Uang Kembali"

  1. Duit kita setelah melakukan pembatalan apakah berkurang dari yg telah kita bayar?

    ReplyDelete
  2. untuk mengaktifkan shopee pay apakah harus disertakan no nik KTP dan foto KTP nya? Kalau tidak diisi nik KTP apakah Shopee pay nya tetap bisa aktif?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang yang diminta seperti itu. Jadi sebaiknya tetap ikuti petunjuk shopee

      Delete
  3. Sedikit Antara 5000 sampai 7000

    ReplyDelete
  4. Saya mw tanya kalo pengiriman shopee standar express it khusus untuk barang dari luar negri aja kah? Atau bisa barang dari bekasi misalnya ke prwakarta pake shopee stndar express? Mohon info barangkali tau.. Terimakasih sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Standard ekspress hanya untuk pengiriman dari luar negri. Kalau dalam negeri cukup pakai shopee ekspress, j&t ekspress atau grab ekspress

      Delete
  5. Saya mau tanya kalo pesanan belom juga dikirim udah 5hari ini nggak dikirim gimana tu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba hubungi ke nomor penjual langsung

      Delete
  6. Untuk pengembaliam dana, brarti dari pihak shopee dan berlaku selama 1 x 24 jam ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pihak penjual yang akan di konfirmasikan melalui shopee. Jika penjual menolak pembatalan maka Shopee juga bisa mengeluarkan dana yang telah masuk.

      Delete
  7. Kalo mau ngebatalin tapi udah dibayar trus bayarnya pake Alfamart gimana caranya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya dana akan di cairkan melalui shopee pay

      Delete
  8. Saya sbg seller mau membatalkan pesanan pembeli yg sdh bayar. Uangnya hrs saya tranfer atau akan dikembalikan swndiri oleh shopee?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya anda konfirmasi dulu ke pihak shopee

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan TengahArtkel 2

Iklan Bawah Artikel