Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2020, Dan Jaminan Pensiun

Jamsostek atau BPJS ketenagakerjaan merupakan sebuah jaminan yang diberikan oleh perusahaan kepada para pekerja nya. Adalah suatu hak wajib yang harus diberikan sebagai alat untuk menjamin pekerja yang disebabkan oleh kecelakaan kerja atau pun  bisa di ambil ketika sudah tidak bekerja lagi pada perusahaan tersebut.

Selain itu Jamsostek juga bisa dipindahkan ke perusahaan yang lain. Dan itu bisa dilakukan dengan cara menggabungkan saldo yang ada. Lalu berapakah jumlah saldo nya dan bagaimana cara mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Cara cek saldo jamsostek

Dalam perhitungannya jumlah saldo Jamsostek adalah diambil dari investasi karyawan sendiri dan nanti akan dikembalikan lagi kepadanya. Untuk perhitungannya adalah 5,7% dari gaji karyawan tetapi itu masih dibagi 2 antara karyawan nya sendiri. Yang jika diperinci adalah 3,7% dari perusahaan dan 2% karyawan.

Sebagian dari kita mungkin tidak tahu berapa jumlah saldo yang dimiliki dalam satu kartu. Atau ada juga yang tahu dari print out yang dikirim oleh BPJS ketenagakerjaan satu tahun sekali. Tapi itu masih memungkinkan kita merasa masih belum puas.

Untuk itu alangkah lebih baik jika anda bisa mengetahuinya sendiri secara langsung. Dan bagaimana caranya kami akan memberikan cara supaya anda bisa dengan mudah melihat jumlah saldo BPJS anda.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2020


Kami akan memberikan 3 cara untuk melihat saldo Jamsostek diantaranya:

1. Cek Saldo Jamsostek Via SMS


Cara berikut ini merupakan yang paling mudah karena kita hanya melakukan pengiriman pesan dan nanti kita tinggal menunggu hasilnya.

cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan
Namun terlebih dahulu kita harus mendaftarkan nomor KPJ yang dimiliki. Tapi itu hanya sekali saja dan formatnya sebagai berikut:

  • Ketik: DAFTAR(Spasi)SALDO#No KTP#NAMA#Tanggal lahir#No Peserta, Kemudian kirim SMS ke 2757 sebagai contoh seperti ini DAFTAR SALDO#3525022482873452#BAGIKAN CARA#08-09-1987#121314151 kirim ke 2757 dan kita tinggal menunggu balasan yang akan berisi nomor id.
  • Setelah nomer didapat anda dapat langsung melakukan cek saldo Jamsostek via sms dengan mengetikkan SALDO(Spasi)NOMOR PESERTA, dan kirim ke 2757 lalu anda akan menerima balasan berupa jumlah saldo yang ada.

Akan tetapi layanan SMS ini hanya diperuntukkan bagi mereka pengguna kartu Indosat, Telkomsel dan Xl saja.

cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan

Jika anda sudah pernah mendaftar dan ingin mengganti nomer telepon yang digunakan  sebelumnya maka harus melakukan SMS caranya ketik:

  • DAFTAR(Spasi)GANTI(Spasi)HP#NOMER TELEPON LAMA#NOMER KTP kirimkan ke 2757 dengan contoh DAFTAR GANTI HP#085766423500#3525022482873452 KIRIM PESAN KE 2757.
  • Untuk ganti pin BPJS ketik:DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)#Pin lama#Pin baru Contoh DAFTAR GANTI #223344#556677 dan kirim ke nomor 2757

2. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Hp Android


Cara yang lebih mudah lagi bisa anda coba yakni menggunakan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online caranya dengan BPJSTK login. Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa lebih leluasa melihat semua kartu yang anda miliki dengan sekali daftar. Anda tinggal memasang aplikasi BPJSTK login di Google Play Store melalui android. Dengan langkah:

  • Buka Play Store dan cari apk BPJSTKU lalu instal.
  • Setelah terinstal anda tinggal melakukan setting sesuai petunjuk yang ada di aplikasi tersebut.
  • Kemudian jika sudah terdaftar anda tinggal masuk BPJSTK login
  • Dan buka apa yang kalian kehendaki di semua fitur yang ada.

3. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui ATM


cara melihat jumlah saldo bpjs tenaga kerja ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki tabungan atau ATM. Karena sekarang pihak Bank sudah ada yang bekerja sama dengan BPJS. Akan tetapi untuk pencairan tidak bisa dilakukan menggunakan ATM. Langkah penggunaanannya sebagai berikut:

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Untuk Bank BRI


  • Masukkan kartu anda.
  • Masukkan Pin.
  • Lanjut ke transaksi lain.
  • Pilih lainnya.
  • Info Saldo JHT

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Untuk Pengguna BNI

  • Masukkan ATM BNI.
  • Pilih bahasa lalu masukkan pin.
  • Menu Lain
  • Klik Pembayaran.
  • Kemudian pilih berikutnya.
  • Berikutnya lagi.
  • Klik BPJS ketenagakerjaan.
  • Inquiri Saldo JHT

Begitulah beberapa cara untuk mengetahui saldo jamsostek mudah bukan. Anda tinggal pilih langkah mana yang mau digunakan dan paling mudah untuk anda. Jadi anda nggak perlu lagi repot repot untuk mengunjungi kantornya langsung. Dan yang jelas tidak akan menyita waktu dan aktifitas.

Dengan mengetahui langkah langkah ini saya harap kalian bisa berbagi pengalaman kepada teman teman sesama pekerja yang menjadi anggota bpjs ketenagakerjaan. Dan simpan terus kartu kalian baik baik jangan sampai hilang atau pun rusak karena nanti pasti akan berguna di kemudian hari.

Untuk lebih aman lagi simpan nomor KPJ di perangkat lain seperti hp atau laptop karena jika kartu hilang anda masih memiliki nomor KPJ sebagai barang bukti.

Sekian yang dapat kami berikan semoga bermanfaat. Terima kasih

0 Response to "Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2020, Dan Jaminan Pensiun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan TengahArtkel 2

Iklan Bawah Artikel