Contoh Cara Buat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar

Mendapatkan pekerjaan yang layak merupakan impian dari semua orang. Apalagi bagi kalian yang baru saja lulus dari lembaga pendidikan. Sudah saatnya bagi kalian untuk mencari jati diri dan meninggalkan masa indah di sekolah.

Mencari pekerjaan adalah sebuah beban yang harus dihadapi. Apalagi jika kalian menginginkan suatu pekerjaan di perusahaan perusahaan besar dengan gaji UMR. Tentu hal itu akan terasa amat sulit sekali.

Maka untuk dapat di terima tentu kita harus mencari cara atau langkah yang harus di tempuh meskipun itu terasa berat. Bagaimana tidak! setiap tahunnya pasti banyak sekali lulusan baru yang sudah pasti akan menambah pesaing kalian dalam mencari pekerjaan.

Bayangkan saja jika perusahaan membutuhkan 100 karyawan baru sedangkan jumlah pelamar mencapai 10.000 orang. Berapa persenkah kita akan mendapatkan pekerjaan tersebut. Hem lagi lagi di tolak dan harus mencari perusahaan lain dan begitu seterusnya.

Tapi tahukah kalian apa yang di inginkan perusahaan????Kira kira apa yang salah?? Padahal juga sudah rapi, pakaian juga sudah sesuai tapi terus saja di tolak.

cara buat lamaran pekerjaan

Ok kalau begitu coba cek surat lamaran pekerjaan kalian. Apa sudah sesuai dengan prosedur perusahaan. Apa sudah lengkap semua persyaratannya. Hal yang terlihat sepele di mata kita adalah sebuah catatan penting perusahaan untuk menilai dari karakter calon pekerjanya.

Hal semacam ini mungkin aja kalian abaikan. Halah yang penting ada ada ijazahnya beres nilai juga 10 semua. Itulah yang menjadi anggapan kita. Tapi terkadang perusahaan akan menentukan lain nilai tidaklah menjadi sebuah acuan, karena karakterlah yang akan menentukan.

Untuk itu perhatikan betul bagaimana cara buat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Syarat apa yang harus dibawa, dan bagaimana cara menulis pekerjaan dengan ejaan yang baik. perusahaan tentu sangat jeli dengan hal demikian.

Nah untuk kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara buat lamaran pekerjaan yang baik dan benar sehingga kalian bisa secepatnya mendapatkan pekerjaan yang kalian inginkan.

Cara Buat Lamaran Pekerjaan


Cara menulis lamaran pekerjaan sejatinya perlu memperhatikan dan mengetahui apa yang perisahaan butuhkan. Antara lain sumber sumber yang didapat, syarat yang dibutuhkan seperti SKCK, Surat sehat atau hasil test kesehatan dari rumah sakit atau surat pengantar dari disnaker setempat untuk memperkuat surat lamaran yang ingin kita ajukan.

Mengenal seluk beluk perusahaan juga sangatlah penting lo sob. Sebaiknya cari tahu dulu perusahaan tersebut bergerak dibidang apa, dan dari mana kalian mendapatkan informasi dari mana kalau disana lagi membuka lowongan pekerjaan.

Misalkan saja tahu dari teman, dari surat kabar bahkan dari sosmed sekalipun. Namun masih ada lagi yang masih perlu kalian perhatikan yaitu syarat membuat lamaran kerja. Apa saja syarat membuat lamaran kerja tersebut.

Syarat Membuat Lamaran Kerja


1. Surat lamaran pekerjaan.
2. CV/Daftar Riwayat Hidup
3. Foto Copy Ijazah pendidikan Terakhir yang sudah di legalisir
4. Transkrip Nilai dilegalisir juga.
5. Foto Copy KK.
6. Foto Copy KTP.
7. Pas Photo 4 x 6 ( 2 lembar )
8. SKCK atau surat dari kepolisian setempat ( Asli ) atau Foto Copy ( Legalisir )
9. Surat Hasil Test Kesehatan.
10. Surat pengantar dari DISNAKER ( jika di minta )

Setelah persyaratan sudah lengkap dan sumber jelas saatnya menulis lamarannya.

Cara Menulis Lamaran Pekerjaan


Cara menulis lamaran pekerjaan tidak hanya coret coret langsung jadi tetapi banyak hal yg harus di perhatikan betul antara lain:

1. Tulisan Rapi : 

Tulisan rapi disini bukan berarti bagus. Melainkan jelas antara spasi, titik, koma dan penempatan huruf besar dan kecil juga harus disesuaikan. Meskipun tulisan kalian jelek nggak masalah asalkan masih bisa dibaca. Hal yang mungkin pernah kalian lakukan mungkin menyewa jasa penulis supaya hasilnya bagus. Tapi mungkin saja itu cara yang salah dan malah bisa menjadi penyebab tidak diterimanya kalian bekerja disana.

cara buat lamaran pekerjaan

Itu pernah di alami oleh kawan saya sendiri. Waktu awal dia meminta istrinya untuk membuat surat lamaran. Alhasil dia di panggil perusahaan untuk tes tulis dan interviw. Hem waktu tes tulis HRD membandingkan antara tulisan hasil tes sama surat lamaran yang ada ternyata berbeda. Dan akhirnya sang HRD berkata kenapa bukan istrinya saja yng kerja disini????

Jadi saya rasa lebih baik kalian pakai tulisan sendiri asalkan rapi.

2. Gunakan Tinta Hitam

Jangan menggunakan tinta selain hitam entah itu biru apalagi merah. Karena jika menggunakan tinta merah itu sama halnya menjelekkan orang yang membacanya. Ingat kan kenapa ada nilai merah di raport???

3. Berilah Nama Perusahaan

Kelihatannya kita jarang untuk mencantumkan nama perusahaan saat kita melamar pekerjaan. Apalagi kalau sifatnya global atau istilah pasar borongan. Jadi buat 10 lamaran lalu disebar tanpa memberi embel embel PT nya.

4. Nama

Tuliskan nama yang jelas jangan disingkat meskipun itu panjang.

5. Jangan Ada Coretan 

Jika tulisan kalian salah jangan di coret atau pakai tipe-x. Mending buat baru saja.

cara buat lamaran pekerjaan

Dengan memperhatikan beberapa point cara buat surat lamaran kerja diatas surat lamaran kamu pasti akan diprioritaskan untuk dapat diterima. Dan selanjutnya tinggal berdo'a semoga diterima.

Itu saja yang dapat saya berikan dan bila masih kurang paham jangan sungkan untuk tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

0 Response to "Contoh Cara Buat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan TengahArtkel 2

Iklan Bawah Artikel